Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Tujuh Pantai Gunung Kidul

on May 15, 2012

5 Mei 2012

Hari kedua di Jogja.

Petualangan di pantai-pantai indah Gunung Kidul. Kali ini, kunjungan saya ke Jogja memang dikhususkan untuk mengelilingi pantai-pantai di Gunung Kidul. Karena letaknya yang dekat dengan Samudera Indonesia ini, sehingga banyak sekali ditemui pantai-pantai yang menurut saya tak kalah dengan pantai di Bali dengan pasir putihnya. Dari Kota Jogja, tepatnya Malioboro, dibutuhkan waktu dua setengah jam dengan mobil untuk sampai di area pantai dengan jalan meliuk-liuk yang membuat kepala pusing dan perut mual.

Peta ini saya unduh dari internet. Karena saking banyaknya blogger yang menampilkan peta ini, jadi saya tidak yakin kepada siapa saya harus menkreditkan gambar ini. Tapi yang jelas saya unduh peta tersebut di sini

Sepanjang daerah Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang tentu saja waktu seharian tetap tidak cukup untuk mengunjungi semua pantai yang ada. Akhirnya saya dan teman-teman hanya mengunjungi tujuh dari banyak pantai yang ada yang kami pilih secara acak.  Jadi, mana saja pantai yang saya kunjungi, ini dia.

1. Pantai Baron

Pantai yang pertama kami datangi. Di pantai ini pasir yang terhampar tidaklah sepenuhnya putih karena sepertinya pasinya mengandung biji besi karena sepanjang kaki saya menapak, pasir terlihat berkilau-kilau.

Pantai Baron ini sangat unik karena terdapat muara sungai bawah tanah dengan air tawarnya yang jernih dan kemudian menyatu dengan lautan.

Di pantai ini terdapat banyak sekali nelayan sehingga bau pantai ini sedikit amis menurut saya.

2. Pantai Kukup.

Waaah, tak disangka ternyata pantai ini sangaaat indah sekaliii. Banyaknya karang di pantai ini membuat ombak terpecah jauh dari bibir pantai sehingga saya dapat menikmati berjalan di laut tanpa harus takut terseret ombak. Di sini pun banyak pernjual makanan seperti rujak, mmmm… rujak loteknya enak banget. Dan di tempat ini pula, banyak sekali penjual ikan gorang.

3. Pantai Sepanjang.

Sayang sekali, kami tidak menemukan penyu di pantai ini yang konon banyak sekali penyu yang bertelur di pantai sepanjang ini. Mungkin karena hari sudah terlalu siang waktu kami berkunjung.

4. Pantai Drini

Di pantai ini banyak terdapat rumput laut yang bisa di panen untuk dijadikan keripik atau rempeyek rumput laut.

5. Pantai Krakal

6. Pantai Sudak

Dari pantai Sepanjang, Drini, Krakal dan Sudak kami hanya mengujungi pantai-pantai di ini sangat sebentar sekali, karena hari sudah siang dan kami semua menahan lapar… :D

7. Pantai Indrayanti.


Sebenarnya nama pantai ini adalah Pulang Syawal, tapi karena pantai ini terdapat restoran dengan gubuk-gubuknya dengan pemandangan laut yang sangat indah, masyarakat lebih mengenal nama pantai ini dengan pantai pemilik restoran tersebut.

Akhirnya sekitar pukul 14:00 kami tiba di pantai ini dan memilih tempat untuk makan siang. Sambil menikmati makanan, kami memandang pantai luas dengan ombak yang berbuih-buih. Sungguh indah sekali. Kami memesan tuna bakar, udang asam manis, calamari dan sayur asem. Tuna bakar dan udang asam manisnya sungguh mantab, tuna dan udangnya besar-besar. Tapi untuk calamarinya sangat keras dan sayur asemnya sangat tidak enak (sayur asam atau sayur bening yak, rasanya hambar sekali)

Karena hari sudah sore dan langit mulai terlihat mendung dan kami sudah berfoto-foto ria, akhirnya pukul 16:00 kami kembali melakukan perjalanan kembali ke kota Jogja. Sampai di hotel, saya langsung mandi dengan air hangat dan minum obat untuk menghilangkan masuk angin (yee, saya memang masuk angin sepanjang perjalanan pulang menuju kota) dan kemudian berjalan-jalan lagi mengelilingi malioboro untuk membeli oleh-oleh yang membuat kaki pegal-pegal.

Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan, meskipun tidak semua pantai sempat kami kunjungi. Mungkin di lain waktu, saya ingin mengunjungi pantai Sadeng yang konon juga sangat indah.


4 responses to “Tujuh Pantai Gunung Kidul

  1. nggoo says:

    nice post…informatif…thanks… :)

  2. Tika says:

    Indah banget pantai Kukup ini.

  3. winnymarch says:

    masuk ke pantainya bayar apa tidak ya?

  4. Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT,
    SUKSES SELALU.

    Dari:
    Alif Group (Car’ n Motor cycle Rental)
    http://rentalmobilyogyakarta.blogdetik.com/
    0274 – 6959 520 (Flexi), 0274 – 743 4961 (Flexi), 0878 6053 4593 (XL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: