Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Tour de Jogja, 5 Maret 2011 – "Where bookworms, model-wannabes, adventurers and food lovers meet" Part I

on March 8, 2011

Day before.

Tanggal 5 yang lalu, para pecinta buku yang tergabung dalam Goodreads Indonesia atau yang lebih dikenal dengan GRI menyelenggarakan tour de Jogja yang diikuti beberapa anggota dari Jakarta, Bogor, Bandung, Jogja, Solo dan Surabaya, dimana peserta dari Surabaya hanya saia saja.🙂
Karena sudah kehabisan tiket kereta api, akhirnya saia putuskan untuk naik bus Eka. Fyi, bus Eka ini adalah bus yang paling top menurut versi saia untuk jurusan Surabaya-Magelang karena sopir yang tidak ugal-ugalan dan mendapat fasilitas makan.

 

Singkat cerita, saia memutuskan untuk berkunjung ke rumah Roos (salah satu anggota GRI) di Solo terlebih dahulu. Saia berangkat dari kantor yang berlokasi di jalan pemuda tanggal 4 pada pk 14.00. Menurut perkiraan, saia akan tiba di bungurasih pk. 14.30 yang ternyata jadwal yang saia perkirakan hancur berantakan. Begini jadwal yang telah saia susun:

 

Karena info dari teman yang mengatakan kalau jam sore bus Eka masih jarang penumpang, saia memutuskan untuk naik dari terminal bungurasih alih-ailh garasi bus Eka.

14.00 : naik bus damri dari kantor ke bungurasih
14.30 : tiba di terminal bungurasih
15.00 : naik bus Eka menuju ke Solo
21.00 : sampai di rumah Roos di Solo.

dan ternyata, karena satu dan lain hal jadwal yang telah saia susun berubah menjadi:

14.00 : dari kantor menuju halte bus
14.05 : menunggu bus di halte
14.40 : masih menunggu bus di halte sampai garing.
14.41 : naik bus damri menuju bungurasih
15.15 : masih dalam perjalanan diatas bus berdesak-desakan sambil berkali-kali mengamati jam tangan.
15.30 : karena macet yang di luar perkiraan baru sampai di terminal bungurasih.

15.31 : menunggu bus Eka sambil minum air sambil melihat peminat bus Eka yang ternyata banyak (ingin  rasanya jitak orang yang salah memberi informasi)

16.00 : bus baru saja menunjukkan batang hidungnya menuju tempat parkir tunggu penumpang.

16.01 : berlari-lari menuju bus dan disambut dengan suara dari petugas yang mengatakan bahwa bus dilarang membuka pintu dan menaikkan penumpang sebelum tiba di tempat lokasi parkir tunggu penumpang.
16.03: masih berlari mengikuti bus (karena takut gak kebagian tempat) sampai di lokasi parkir sambil membawa barang bawaan yang beratnya minta ampun.
16.05: begitu pintu bus dibuka, saia harus naik dengan sikut kanan kiri ala preman agar mendapatkan tempat duduk, karena bus eka tidak menerima penumpang yang duduk di tengah-tengah tempat duduk bus.

16.06: bus langsung penuh, dan langsung berangkat menuju Jawa Tengah.

dengan saia naik bus jam ini, saia perkirakan akan tiba di Solo sekitar pk.22.00 sampai pk. 23.00 yang ternyata busnya juga molor hingga saia tiba di Solo sekitar pk. 23.30. (pengen rasanya berteriak memanggil Doraemon). Begitu tiba di rumah Roos, saia langsung merebahkan diri tanpa mengganti pakaian dan tidur.

 

Begitu pagi menjelang, perjalanan saia ke Jogja pun dimulai. Karena kereta Prameks yang berangkat paling pagi dari Solo ke Jogja sekitar pk. 05.30, saia bangun jam 04.00 dan bersiap-siap mandi. Tempat pk. 05.00 kami (saia dan Roos) naik taxi menuju stasiun Solo Balapan. Sambil menunggu Tiwik, teman kami yang satu lagi, kami membeli tiket ke Jogja untuk tiga orang.

 

Pk. 05.30 tepat, kami naik kereta Prameks. Daaaannnn, disinilah cerita seru berawal. Agar lebih jelas, beginlah gambaran waktu tempuh dari Solo-Jogja.

 

 

Karena capek , kami bertiga tidur-tiduran ayam sepanjang perjalanan. Dan karena kereta juga sangat penuh, kami jadi tidak bisa melihat papan nama stasiun setiap kereta berhenti, dan alhasil, statiun Tugu dimana seharusnya kami turun telah sukses terlewati tanpa kami ketahui :LOL:. kami menyadari setelah kereta melewati stasiun Wates, itupun kami harus bertanya ibu disebelah kami. Dan akhirnya, kami turun di stasiun Kutoarjo dan membeli tiket ke Jogja. Untung saja, tidak ada pemeriksaan tiket kembali setelah dari Jogja ke Kutoarjo mengingat tiket kami hanya sampai Jogja.

 

 

Dan total perjalanan kami dari Solo ke Jogja yang seharusnya hanya 1 jam kami tempuh dalam waktu 3,5 jam dimana 1 jam untuk Solo-Jogja + 1 jam Jogja-Kutoarjo + 1/2 jam waktu tunggu kereta + 1 jam Kutoarjo-Jogja. Kami bertiga pun tertawa terpingkal-pingkal. Tak lupa, kami memberi kabar ke teman kami yang telah sampai di Jogjakarta terlebih dahulu bahwa kami akan terlambat dalam acara.

TO BE CONTINUED….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: