Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Liburan ke Sarangan

on April 9, 2011

Salah satu objek wisata di jawa timur yang bisa di kunjungi. Telaga Sarangan, Telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan.

Ketika musim libur lebaran tahun 2009, aku dan temanku, pergi ke sarangan menggunakan bus dengan maksud ingin menghilangkan segala penat di kepala. Kami bahkan booking tempat penginapan jauh-jauh hari, maklum musim liburan pasti semua penginapan di sarangan penuh.

” />

Karena kami hanya berdua dan belum pernah ke sarangan, alhasil, kami sempat kesasar, kok bisa? yah, karena salah informasi dan miscommunication antara kami dan si petunjuk arahnya yang adalah pemilik penginapan. Untunglah kami bisa kembali ke jalan yang benar.
Karena jadwal molor beberapa jam karena kesasar, kami sampai di sarangan sore hari dan udara sejuk dan keramaian sarangan langsung menyambut kami. Sempat kaget juga sih, tadinya aku membayangkan suasana yang tenang dan indah, ternyata ramainya seperti pasar traditional. Kami berdua pun langsung menuju lokasi penginapan untuk menaruh barang bawaan kami dan mandi. Begitu selesai, kami berdua menuju lokasi sarangan yang tak jauh dari penginapan, kami mencari tempat makan dengan pemandangan yang pas langsung melihat telaga sarangan yang menurut mbah Wiki, telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius. *pantes dingin*
Tapi sungguh sangat disayangkan, sepertinya para wisatawan kurang sadar akan kebersihan, banyak sekali sampah plastik dari botol minuman dan makanan menghiasi pinggiran telaga ini. Dan selama dua hari kami berada disana, kami juga tak melihat satupun pihak yang membersihkannya.
Keesokan paginya, kami hiking menuju lokasi air terjun Tirto Sari. Berjalan menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dari telaga sarangan. Sebenarnya sih bisa naik ojek menuju tempat yang dekat dengan lokasi air terjun ini, tapi tetap kami diharuskan berjalan selama kurang lebih setengah jam untuk naik menuju lokasi. Dan karena budget kami berdua sangat minim, kami memutuskan untuk jalan kaki sambil melihat pemandangan hijau dan menikmati udara yang sejuk.
Begitu sampai di tempat tujuan, coba tebak apa yang aku rasakan? kecewa, yah ke-ce-wa. Bagaimana tidak, ternyata air terjunnya tak seindah yang seperti aku bayangkan mengingat kami telah berjalan selama satu jam dengan jalan yang menanjak ditambah napas ngos-ngosan serta air keringat bercucuran, belum lagi kami harus membayangkan harus jalan lagi menuruni lokasi untuk kembali ke penginapan.
Yaaah apa boleh buat, kami sudah sampai, dan kami tak mau menyia-nyiakan moment ini, meskipun dengan hati yang agak sedikit kecewa, aku dan temanku tetep berpose untuk mengabadikan air terjun ini. Jepret sana jepret sini, dan setelah beberapa jepret kami memutuskan untuk kembali, dan karena kami capek luar biasa, kami memutuskan untuk istirahat sejenak di sungai kecil yang mengalir sedikit deras yang kami temui dalam perjalanan pulang.

Jika anda punya waktu luang, tak ada salahnya untuk berlibur di telaga sarangan. Semoga saja telaga ini sekarang bersih, tidak seperti ketika kami berkunjung kesana.