Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Danau indah, tersembunyi di balik Pulau Sempu.

on June 16, 2011

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.

Sekitar awal bulan ini, tepatnya tanggal 1 Juni 2011, aku dan seorang teman aku berkunjung ke daerah ini.

Untuk mencapai pulau ini, kita harus menuju ke wilayah sendang biru terlebih dahulu. Pada pulau ini terdapat danau yang bernama segara anakan. Danau ini sebenarnya bukan danau, tapi air laut yang terbendung oleh pulau. Untuk mencapai pulau ini, kita harus menyewa perahu menuju Pulau Sempu. Dan jangan harap begitu turun perahu kita akan langsung menemukan danau ini. Kita harus berjalan yaahh, kira-kira 3.5 jam. Bila kondisi cerah dan tanahnya kering, perjalanan bisa ditempuh lebih cepat sekitar 1.5 – 2 jam. Trekking yang harus dilalui untuk menuju danau ini sangat sangat sangat sulit sekali. Medannya bisa dibilang amazing. Berlumpur, berbatu, tanjakan, menembus hutan dan sesekali harus melompati pohon tumbang yang super besar. Dan total yang dibutuhkan untuk pulang pergi adalah 3 – 7 jam tegantung kondisi tanah.

Ketika kami mengunjungi pulau ini, bisa dibilang keadaan tanah waktu itu adalah yang terburuk karena semalam daerah Sendang Biru di guyur hujan yang cukup deras. Beberapa foto ini lah yang sempat aku ambil, tapi sayang sedikit kabur karena aku mengambil foto dalam keadaan hampir jatuh. Dan dalam perjalanan ini, aku sukses jatuh hingga tiga kali…. Hahaha….

Awal perjalanan, kami sudah dihadapkan pada jalanan yang seperti ini beratnya.

Dan, inilah hasil dari trekking, kaki mandi lumpur.

Untunglah, ketika kami menuju pulau Sempu ini, banyak sekali teman yang tidak kami kenal yang mau membantu selama perjalanan berat ini. Yah, mengingat kami hanya pergi berdua, cewek pula. Nekat yah?. Bisa dibilang begitu, karena kami tak menyangka bahwa jalan yang kami tempuh begitu berat. Dan tanpa bantuan laki-laki, rasanya mustahil perjalanan ini akan sukses terlewati. Dan inilah beberapa kelompok manusia yang dengan senang hati membantu kami berjalan menyusuri hutan.

Setelah perjalanan yang begitu panjang dan mendebarkan akhirnya kami sampai di tempat yang kami tuju. Dan inilah foto danau yang kami idam-idamkan.

Keunikan dari danau ini, selain dari air laut, juga di tengah-tengah danau kita masih dimungkinkan untuk berdiri tanpa harus berenang. Dan karena terbendung oleh pulau sehingga tidak ada ombak yang menghampiri.

Selain danau ini, masih terdapat 3 pantai lepas yang bisa dikunjungi, tapi dipastikan kita tidak bisa berenang disanakarena ombak yang besar. Dan tentu saja untuk mencapai pantai lainnya ini trekking tetap sama amazing.

dan ketika kami akan berpulang menuju Sendang Biru, kita masih diharuskan berjalan menuju laut karena kondisi air yang surut.

Selain pulau Sempu, kita juga bisa mengunjungi pantai di pulau-pulau lainnya di sekitar sendang biru ini. Dan pemandangannya juga tak kalah indah.

Bila kita ingin menuju danau segara anakan yang perlu diperhatikan:

1. Bila tidak ingin kemping, berangkat harus pagi-pagi sekali
2. Pakailah sepatu yang nyaman dan tidak mudah lepas. Disarankan jangan berwarna putih. Dan lebih disarankan menggunakan sepatu boat. Tidak disarankan menggunakan sandal gunung apalagi sandal jepit.
3. Disarankan memakai baju warna hitam saja karena dijamin akan terlihat lebih bersih hasilnya. Karena bila memakai warna selain hitam apalagi putih, lumpur yang menempel jadi terlihat jelas. Buktikan.
4. Pakailah celana panjang yang nyaman.
5. Air minum min. 2-3 liter / orang
6. Bawa tas ransel untuk menaruh barang bawaan, tangan diusahakan bebas dari barang bawaan agar memudahkan kita dalam mencari pegangan pada ranting-ranting dan akar-akar pohon.
7. Bawa bekal makan siang karena disana tidak ada penjual makanan seperti di Malela.
8. Pakaian ganti so pasti dong.
9. Bila Anda berminat untuk kemping di Pulau Sempu, Anda harus melaporkan diri kepada pengurus setempat.

Estimasi biaya:

1.Surabaya – Malang
a.Kereta ekonomi 4.000 perjalanan ± 3 jam atau
b.Bus eks 15.000 perjalanan ± 2.5 jam bila tanpa macet. Perlu dicatat, jalanan lancar bila malam hari saja.

2. Dari Malang kota ke Sendang Biru
a. Bila dari Terminal Arjosari – Gadang : 30 menit. Rp. 3.000
b.Bila dari Stasiun Kota Malang Baru – Gadang : 30 menit Rp. 3.000
c.Gadang – Pasar Turen : 30-40 menit Rp. 5.000
d.Pasar Turen – Sendang Biru : 2 – 2.5 jam Rp. 15.000. Angkot ini akan ngetem cukup lama hingga anda berjamur dan lumutan.
e.Bila ingin menghemat waktu disarankan menyewa elp dari Gadang. One way 200.000 – 250.000 tergantung nego. (akan lebih murah jika berangkat dengan banyak orang)
e.Atau Pasar Turen – Sendang biru bisa ditempuh dengan ojek sektiar Rp. 35.000

4.Masuk wilayah sendang biru Rp. 5.500
5.Penginapan Rp. 100.000 / kamar.
– Ibu Nit. 08123304527. Penginapan ini sedikit jauh dari Sendang Biru dan max penghuni kamar hanya diperbolehkan 2 orang saja
– Pak. Rafiq 081334918830. Penginapan Wisma Wisata ini tergolong murah meriah karena berapa pun orang yang akan berada di kamar tidak menjadi masalah dan hebatnya, kamar mandi yang disediakan ada di dalam kamar. Penginapan ini lokasinya di dalam Sendang Biru sehingga view yang Anda dapat ketika keluar kamar adalah laut.
6.Sewa perahu bila ingin menyebarng ke pulau diseberang 100.000 – 120.000 nego isi bisa sampai 20 orang. 5-10 menit.

Untuk harga makanan, jangan khawatir, harga makanan di daerah ini masih tergolong wajar atau masih bisa dibilang murah mengingat kawasan ini adalah kawasan wisata.

jadi, Anda masih berminat ke Sempu?



10 responses to “Danau indah, tersembunyi di balik Pulau Sempu.

  1. Melita says:

    aku mauuuu kesana kalo ada kesempatan mbak Rhea….

    pemandangannya kueereeennnn🙂

  2. Rhea Siwi says:

    iyah, keren banget, tapi harus siap fisik.🙂

  3. EKA says:

    WAAAUW ABSOLUTELY AWESOME…
    asli mantep mba’ rhea, oiya mba’ mo tanya informasinya dong. klo mau bermalam, apakah ada penginapan ditempat ini atau harus membawa tenda, trus penduduknya banyak ngga’ ?
    trim’s…

  4. EKA says:

    ralat, maksudnya ada banyak penginapan apa cuma 2 aja…

  5. Bagus banget pemandangannya , tapi harus jalan jauh dulu …

  6. bibexs says:

    kak rhea,,,di danau ada buaya nya ndk??
    atau di hutan2 nya ada hewan2 buas yg brbahaya ndk,,,??

  7. wah keren… harus ke bromo juga mba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: