Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Makan dan Kejujuran

on July 9, 2011

Warung Pemuda.

Warung ini terletak di samping parkir sepeda motor sebelah barat Plasa Surabaya atau yang lebih dikenal dengan Delta Plaza. Warung Pujasera ini menjual berbagai macam makanan yang dijual oleh banyak penjual pula.

Seperti biasanya warung ini sangatlah ramai karena menu yang beragam dan harga yang boleh dibilang masih bersahabat. Yang unik dari warung ini adalah cara pemesanan makanannya, alih-alih antri di depan penjual makanan yang kita inginkan, kita mengantri di depan kasir untuk memesan makanan. Kasir, akan mencatat pesanan kita pada sebuah kupon beserta harganya yang tentu saja pembayaran makanan juga dilakukan di kasir pula. Dengan kupon itu, kita baru diperbolehkan mengantri makanan pada penjual masing-masing.

Untuk makanan yang dimakan di tempat, setelah kupon diberikan, sebaiknya segeralah mencari tempat duduk, karena tempat ini sering penuh. Dan disinilah kejujuran kita diuji. Bagaimana bisa? Yah, dengan banyaknya pembeli, terkadang penjual pun tak ingat siapa yang memesan makanan tadi. Lalu, bagaimana makanan itu akan sampai kepada pembeli? Si pengirim makanan akan berteriak-teriak ala penjual di kereta api “yang soto soto soto” atau “es teh es teh es teh”….. hahaha…. Dengan cara begini, kita jadi tidak tahu mana yang mengantri lebih dulu mana yang tidak. Bayangkan jika ada orang yang tidak memesan makanan tapi mengaku-ngaku sudah memesan. Pada akhirnya, kejujuranlah yang sangat berperan.

Surabaya, Juli 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: