Sekantong Coklat

It's All About My Life, My World and My Story.

Jogja Kembali

on May 10, 2012

4 Mei 2012

Untuk kali kesekian aku kembali ke Jogja. Kali ini aku pergi bersama teman-teman kantor. Perjalanan dengan menggunakan kereta yang murah meriah. Kami berempat menginap di hotel di jalan Dagen. Dan tidak disangka-sangka ternyata teman Goodreads dari Jakarta juga menginap di tempat yang sama dan pada tanggal yang sama pula *jiah, dunia memang sempit cing*. Rencana aku datang ke Jogja kali ini adalah untuk mengelilingi pantai-pantai di Gunung Kidul yang konon sangat indah.

“Sebenarnya apa sih yang dicari orang di sini mbak? Kok banyak sekali yang liburan di sini, wong ya tempatnya menurut saya juga biasa-biasa saja” Itu kata sopir mobil yang kami sewa ketika di Jogja. Ya iyalah, dia tinggal sehari-hari di Jogja, bagi Bapak, mungkin sudah bosen melihat Jogja, tapi bagi kami, Jogja adalah tempat yang penuh dengan kebudayaan yang eksotis, kuliner, souvenir yang unik dan murah, dan kenangan yang hangat.

Jumat siang, aku sampai di Jogja. Menghirup udara Jogja yang panas tapi menyenangkan. Sedangkan teman-teman yang lain akan menyusul dengan kereta sore yang tiba malam hari. Tadinya, begitu keluar stasiun aku ingin mencoba soto sulung yang letaknya di halaman parkir stasiun Tugu sebelah selatan, sayang sekali karena sedang shalat jumat, warung tutup sementara. Sendirian, aku berjalan dari stasiun Tugu menuju Hotel Dagen di jalan Dagen. Sengaja jalan kaki karena ingin melihat suasana Maliboro siang hari. Kalau kalian tidak pernah ke Jogja, aku beritahu, jika kalian tidak berniat naik becak, siapkan suaramu untuk menolaknya karena sepanjang perjalananku dari stasiun ke hotel hampir 20 becak menawarkan jasanya dengan berbagai macam harga yang berbeda-beda “becak mbak, Malioboro, bakpia patok, kaos dagadu, keliling-keliling Keraton 15 ribu saja” dengan manis aku jawab “nggak pak”

Sekitiar lima belas menit kemudian aku sampai di hotel dan harus menunggu jam check in yang ternyata jam dua siang baru boleh masuk. Hayah, jadinya aku menitipkan tas dan berjalan-jalan keluar sambil mencari makan. Jogja yang sedari dulu sama tak berubah dengan suara-suara tukang becak yang giat menawarkan jasanya yang tentu saja mereka hanya menelan kekecewaan ketika aku tolak. Yah, aku kan hanya ingin jalan-jalan di Maloboro dengan jalan kaki yang bisa dicapai hanya lima menit dari hotel. Sambil melihat-lihat dan membeli satu dua buah barang dan air putih di minimarket Ind***ret. Hampir jam tiga aku kembali ke hotel untuk check in dan mandi. Wah, hotelnya ternyata bersih, recommended banget deh. Dan ketika akan keluar ternyata di luar sedang hujan deras, yaah, terpaksa dah nunggu di hotel sembari melihat tv kabel.

Malam harinya, seperti biasa jalanan Malioboro penuh sesak dan hiburan. Tak ingin melewatkan kesempatan yang bagi aku unik ini, aku melihat musisi jalanan yang sedang beraksi.

Dan setelah itu, aku kembali ke stasiun Tugu menjemput teman-teman. Tak sabar rasanya menunggu hari esok mengelilingi pantai.

4 responses to “Jogja Kembali

1. Wohooo, udah posting aja nih rhea. Baidewei aku biasanya ditawarin sama tukang becaknya lima ribu aja lho, nggak pernah lebih. Siapa tuh yang nawarin sampai 15ribu? *geleng-geleng kepala*

Yups, Jentra Dagen memang recommended soal kebersihan dan sarapannya. Mantabs!

2. Sempet dong, penuh perjuangan banget loh. Pokoknya bakal dikenang sepanjang masa..😀

3. Selamat siang,Tulisannya sangat BAGUS SEKALI, Menambah PENGETAHUAN kita tentang KEINDAHAN kota JOGJA, sehingga membuat kita semua menjadi lebih tertarik untuk MENGELILINGI kota JOGJA.